Arti Warna dan Fungsi Helm Proyek


Arti dari Warna Helm Proyek



Macam Macam Warna Helm Safety dan Artinya / Fungsinya

Selamat datang di blog Alatsafety.net, kali ini kami akan membahas fungsi dan warna helm Safety. Tahukah kamu mengapa warna helm safety sangat mencolok? Warna mencolok atau terang pada helm safety seperti warna kuning, putih, orange, hijau, biru, merah dll, Tujuannya adalah pekerja yang menggunakan helm akan lebih mudah terlihat apabila ada kendaraan atau alat berat yang mau lewat sehingga tidak menabrak pekerja.
Warna dari helm Proyek juga memberikan arti posisi atau jabatan seseorang di dalam suatu Proyek, antara lain :

  1.  Helm safety berwarna putih biasanya digunakan oleh manajer, pengawas, insinyur, mandor.
  2.  Helm safety berwarna biru biasanya digunakan oleh site supervisor, electrical contractor 3.  atau pengawas sementara.
  3.  Helm safety berwarna kuning biasanya digunakan oleh sub contractor atau pekerja umum.
  4.  Helm safety berwarna hijau biasanya digunakan dan dipakai oleh pengawas lingkungan.
  5.  Helm safety berwarna pink biasanya juga digunakan oleh pekerja baru atau magang.
  6.  Helm safety berwarna orange biasanya juga dipakai oleh tamu perusahaan.
  7.  Helm safety berwarna merah biasanya digunakan oleh safety officer yang memiliki tanggung jawab untuk memeriksa sistem keselamatan sudah terpasang dan berfungsi sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.
Pada dasarnya manfaat dan kegunaan utama dari helm safety sendiri adalah untuk melindungi kepala si pekerja, agar dapat terhindar dari kejatuhan barang dan lainnya, dan meminimalisir cedera yang akan menimpa si pekerja itu sendiri.
Fungsi atau penggunaan helm safety sangat dibutuhkan oleh para pekerja yang bekerja di daerah kerja seperti tambang minyak, pabrik, proyek pembangunan gedung dan berbagai hal lainnya. Dan penggunaan helm safety di areal kerja adalah wajib karena fungsi utamanya untuk pelindung diri atau untuk keselamatan kerja pekerja.
Perlu digarisbawahi bahwa penggunaan helm safety sendiri bisa meminimalisir terjadinya berbagai macam insiden kecil maupun besar seperti benturan atau tertimpa benda yang jatuh. Setelah terjadi hal seperti itu biasanya helm safety akan mengalami sedikit kerusakan. Sebaiknya sekecil apapun kerusakan yang terdapat pada helm safety, sangat disarankan untuk diganti dengan helm safety yang baru. Dan jangan menggunakan helm safety yang sudah terdapat cacat atau kerusakan, karena akan berakibat fatal, dan juga bahkan menghilangkan manfaat utama dari helm safety itu sendiri.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment