Pemeliharaan Alat Ukur

Buku Panduan Perawatan Alat Survey



Selamat beraktifitas para master, Kali ini Kami akan membahas tentang hal-hal yang sebaiknya anda lakukan terhadap alat survey yang Anda miliki. 

sebelum menuju ke inti pembahasan, kami ucapkan terimakasih karena telah mempercayakan segala kebutuhan alat survey kepada kami, kami senang bisa bertatap muka langsung di Jakarta, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Palembang, Batam, Medan, dan Manado. Kami senang melayani Anda.

Ada beberapa hal yang sebaiknya anda lakukan demi menjaga alat survey anda supaya terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan, sehingga peralatan survey anda tidak kembali normal seperti sedia kala. Kami akan memberikan solusi terhadap peralatan survey yang anda miliki supaya alat survey anda terjaga dan terawat. Cara atau tips supaya peralatan survey Anda terjaga dan terawat diantaranya : 

1. Perawatan

Ia, ini penting, banyak alat survey yang cepat rusak karena tidak bagus dalam perawatan, teledor dan tidak apik adalah termasuk salahsatunya, kenapa perawatan ini penting? karena alat survey ini sama halnya dengan alat alat yang lain yang kita miliki pada umumnya seperti mobil, motor, harus dirawat sebaik mungkin untuk menghindari kerusakan dini, untuk itu saya akan berbagi tips perawatan alat dalam kesempatan ini

Tips perawatan alat survey adalah sebagai berikut :

a. Selalu hati hati dalam membawa alat Survey, 

karena alat ini sangat rentan, bantingan yang terlalu keras akan menyebabkan kerusakan komponen didalamnya, paling ringan adalah akurasinya yang akan berubah sehingga mau tidak mau anda akan diharuskan untuk mengkalibrasi ulang sebelum waktunya,

Solusi : Pastikan alat survey anda dibawa atau ditempatkan di tempat yang tidak terlalu banyak getaran, ketika membawanya sebaiknya di jinjing atau di gendong, pastikan ketika menyimpanya dengan lembut, benturan sering kali tidak disengaja pada saat akan menyimpan alat, pada saat memasangkanya ke tripod, dan pada saat di kendaraan motor / mobil.

b. Jangan menyimpan Alat survey di ruangan ber AC,

Kebanyakan alat survey adalah terdiri dari alat yang ber Lensa dan ada elektroniknya, sudah paham kan namanya elektronik dan lensa tidak boleh ada uap air masuk, meskipun di spesifikasinya waterfroop tapi ini tidak menjamin uap air tidak akan masuk ke alat, jadinya alat akan cepat rusak dan pasti dalam waktu dekat alat anda akan selalu minta servis,

Solusi : Hindari penyimpanan diruangan ber AC baik saat disimpan di ruangan atau pada saat di mobil,

c. Bersihkan alat survey anda ketika terlihat kotor

Kebanyakan dari kita hanya mendiamkanya, padahal ini tidak bagus terutama untuk body bagian luar, banyak kasus cat menjadi rontok karena kotor yang tidak dibersihkan, trutama kotor yang disebabkan oleh zat yang keras, seperti Oli, Adukan, Cat, Air laut, dsb. 

Solusi : Anda tahu betul apa yang menyebabkan alat anda kotor dan kotoran apa yang ada di alat anda, maka silakan bersihkan sendiri, ingat membersihkanya dengan halus dan hindari menyentuh bagian bagian tertentu seperti Nivo, gunakan lap halus memakai alkohol


2. Kalibrasi / Servis

Bagus tidaknya alat survey akan terbukti setelah hasil kalibrsinya, alat survey ini wajib dikalibrsi secara berkala, orang bijak tidak akan menggunakan alat survey kalau masa kalibrsinya habis atau kalau sudah tahu bahwa alat tersebut sudah melenceng dari akurasinya.

Berikut tips untuk melakukan servis dan kalibrasi :

a. Perhatikan dimana anda akan mengkalibrasikan alat anda,

Ini penting, kebanyakan orang tidak sadar bahwa tempat anda mengkalibrasi alat sangat penting, kenapa?.. bahaya kalau alat anda di servis / kalibrasi oleh orang yang tidak kompeten (abal-abal), alih alih alat ingin diperbaiki malah tambah rusak.

Solusi : Pilih tempat servis dan Kalibrasi di tempat yang jelas dan memang peruntukanya, dan bidangnya, anda tentu bisa dong memastikannya dan memilih tempat yang kira kira bagus menurut anda, anda pasti punya trik tersendiri untuk hal ini, Berbicara masalah tempat untuk servis & kalibrasi Alat survey yang banyak direkomendasikan adalah PT. ALAT UKUR INDOSURTA, banyak direkomendasikan oleh perusahaan BUMN dan Swasta ataupaun Perorangan.


b. Sebaiknya anda melakukan Servis & kalibrasi ke tempat yang terdekat dengan Anda,


Sama saja bohong namanya kalau anda mau kalibrasi alat survey karena tempatnya jauh dari tempat anda (sudah berlangganan di tempat tersebut namaun jauh dari tempat anda) lalu anda mengirim dan mengambilnya menggunakan jasa ex...disi atau Ca...go, saran saya sudah ga usah dikalibrasi aja, yang ada malah tambah rusak diperjalanan (kecuali anda hand carry antar jemput sendiri, otomatis biaya lebih membengkak). paham kan maksud saya?..

Solusi : Pilih tempat kalibrasi yang dekat, aman dan kompteten, kalau bisa anda antar dan jemput sendiri, atau minta petugas dari tempat anda mau kalibrsi untuk antar jemput, Contoh seperti di INDOSURTA ada layanan antar jemput Gratis untuk kalibrsi jadi anda sangat tidak perlu hawatir sama sekali dan pasti ada garansi, selain itu biaya akan lebih ringan.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment